Pengertian Asuransi

1. Pengertian Asuransi

Asuransi merupakan transaksi pertanggungan, yang melibatkan dua pihak, tertanggung dan penanggung. Dimana penanggung menjamin pihak tertanggung, bahwa ia akan mendapatkan penggantian terhadap suatu kerugian yang mungkin akan dideritanya, sebagai akibat dari suatu peristiwa yang semula belum tentu akan terjadi atau yang semula belum dapat ditentukan saat / kapan terjadinya.

Asuransi juga dapat disebut sebagai Pertanggungan dimana merupakan perjanjian antara dua pihak atau lebih dengan mana pihak penanggung mengikatkan dari kepada tertanggug dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugiannya, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan.

Dalam perjanjian Asuransi dimana tertanggung dan penanggung mengikatkan suatu perjanjian tentang hak dan kewajiban masing-masing, perusahaan asuransi membebaskan sejumlah premi yang harus dibayar tertanggung. Premi yang harus dibayar sebelumnya sudah diperkirakan dulu atau siperhitungkan dengan nilai resiko yang akan dihadapi .

2. Perkembangan Asuransi

Asal mula kegiatan Asuransi di Indonesian merupakan kegiatan yang ditinggalkan pemerintah Hindia Belanda, sedangkan peraturan pemerintah Indonesia yang mengatur tentang asuransi baru dikeluarkan pada tahun 1976 dengan keluarnya surat keputusan menteri pada waktu itu.

3. Jenis – Jenis Asuransi

Jenis-jenis Asuransi dari Berbagi segi adalah sebagai berikut:

1. Dilihat dari segi fungsinya

A.    Asuransi Kerugian (non life insurance)

Terdapat dalam Undang-Undang No 2 tahun 1992 tentang usaha asuransi menjelaskan bahwa Asuransi Kerugian menjalankan usaha memberikan jasa untuk menanggulangi suatu resiko atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dari suatu peristiwa yang tidak pasti.

Contohnya:

  • Asuransi Kebakaran yang meliputi Kebakaran, Peledakan, Petir, Kecelakaan Kapal terbang dll.
  • Asuransi Aneka Yaitu asuransi yang tidak termasuk dalam asuransi kebakaran seperti kendaraan bermotor, kecelakaan diri, pencurian dll.

B.     Asuransi jiwa ( life insurance )

Merupakan perusahaan asuransi yang dikaitkan dengan penanggulangan jiwa atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.

C.     Reasuransi ( reinsurance )

Merupakan perusahaan yang jasa asuransi dalam pertanggung ulang terhadap resiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi kegiatan dan asuransi ini digolongkan ke dalam Bentuk Treaty dan Bentuk Facultative Atau pun Kombinasi Keduanya.

D. Dilihat dari segi kepemilikannya

A.    Asuransi Milik pemerintah

Asuransi yang sahamnya similiki sebagian besar atau bahkan 100% oleh pemerintah Indonesia.

B.     Asuransi Milik Swasta Nasional

Asuransi ini kepemilikan sahamnya sepenuhnya dimiliki oleh swasta nasional

C.     Asuransi Milik Perusahaan Asing

Perusahaan jenis ini biasanya beroperasi di Indonesia hanyalah merupakan cabang dan kepemilikannya pun dimiliki oleh 100% pihak asing.

D.    Asuransi Milik Campuran

Asuransi yang sahamnya dimiliki campuran antara swasta nasional dan pihak Asing..

4.  Keuntungan Asuransi

Keuntungan untuk mesing-masing pihak adalah sebagai berikut :

1.      Bagi perusahaan Asuransi

a.       Keuntungan dari premi yang diberikan ke nasabah

b.      Keuntungan dari hasil penyertaan modal di perusahaan lain.

c.       Keuntungan dari hasil bunga dari investasi di surat-surat berharga.

2.      Bagi Nasabah

a.       Memberikan rasa aman.

b.      Merupakan simpanan yang pada saat jatuh tempo dapat ditarik kembali.

c.       Terhindar dari resiko kerugian atau kehilangan.

d.      Memperoleh penghasilan dimassa yang akan dating.

e.       Memperoleh penggantian akibat kerusakan atau kehilangan.

5. Prinsip Prinsip Asuransi

Pelaksanaan perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi dengan pihak nasabahnya tidak dapat dilakukan secara sembarangan . tujuannya adalah untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari antara pihak perusahaan asuransi dengan pihak nasabahnya.

6. Karakteristik Asuransi :

  • Umumnya asuransi diurus melalui agen asuransi. Namun, ada juga bank yang bisa membantu karena bank tersebut telah bekerjasama dengan institusi asuransi tersebut.
  • Dikeluarkan oleh perusahaan asuransi.
  • Manfaatnya adalah investasi dan proteksi.
  • Sangat cocok bagi orangtua yang ingin menyiapkan dana lengkap untuk pendidikan anak dari TK/SD sampai universitas dalam satu paket. Perhitungannya pun telah lengkap.
  • Besarnya dana pendidikan berdasarkan prosentase uang pertanggungan.
  • Untuk investasi jangka panjang, asuransi lebih cocok karena tidak ada urgensi untuk mengubah-ubah jumlah premi yang dibayarkan.

Berbagai resiko yang dapat diasuransikan :

1.      Kematian

Kematian bisa terjadi kapan saja tanpa terduga. Dan akan menjadi masalah bila masih memiliki anak atau tanggungan yang masih harus dibiayai hidupnya. Oleh karena itu, cukup diperlukan adanya asuransi jiwa.

2.      Kecelakaan

Asuransi kecelakaan memberikan pertanggungan setelah mengalami kecelakaan sehingga harus dirawat inap, mengalami cacat, atau bahkan kematian. Sama seperti asuransi kematian.

3.      Sakit

Untuk berjaga-jaga dari situasi ini, bisa mengambil asuransi kesehatan. Saat ini sudah makin banyak perusahaan asuransi menjual produk ini. Ada produk yang memberikan penggantian RS saja, atau penggantian RS plus penggantian rawat jalan, plus obat juga.

4.      Musibah atas Rumah

Belakangan ini disaksikan berita terjadinya kebakaran. Baik itu pasar, kantor, maupun pemukiman. Bila suatu saat musibah itu menimpa rumah yang sedang ditempati saat ini,. Menjadi hal yang rumit, karena tidak semua orang memiliki cukup uang untuk membangun kembali rumahnya yang terkena musibah, sehingga banyak yang akhirnya harus menumpang di rumah saudara,.

5.      Musibah atas Kendaraan

Mobil atau motor yang saat ini sudah menjadi kendaraan utama untuk mempermudah sampai ke tempat bekerja atau tujuan lainnya (yang dimiliki pribadi), juga memiliki kemungkinan mengalami kecelakaan.

One response to “Pengertian Asuransi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s