ORGANISASI KOPERASI

1. ORGANISASI KOPERASI

Organisasi Koperasi dapat dilihat dari dua segi, yaitu :

1. Segi intern Organisasi Koperasi
2. Segi ekstern Organisasi Koperasi

Intern Organisasi Koperasi ialah organisasi yang ada di dalam setiap tubuh Koperasi, baik di dalam Koperasi Primer, Koperasi Primer, Koperasi Pusat, Koperasi Gabungan maupun Koperasi Induk.

Ekstern Organisasi Koperasi ialah organisasi yang berhubungan dengan tingkat-tingkat Koperasi itu, yaitu hubungan antara Koperasi Primer, Koperasi Pusat, Koperasi Gabungan dan Koperasi Induk. Dalam ekstern organisasi ini juga termasuk hubungan tingkat-tingkat Koperasi itu dengan Dewan Koperasi Indonesia, yaitu dewan yang mempersatukan berbagai jenis Koperasi dari berbagai tingkat itu kedalam satu organisasi tunggal yang meliputi seluruh Indonesia. Meningat pentingnya kedudukan, peranan dan fungsinya, maka tentang Dewan Koperasi iniakan diuraikan dalam bab tersendiri.

1. Struktur Intern Organisasi Koperasi.

Intern organisasi Koperasi terdiri dari 3 unsur, yaitu :
(1) Unsur alat-alat perlengkapan organisasi :

a. Rapat Anggota
b. Pengurus
c. Badan Pemeriksa.

(2) Unsur dewan penasehat atau penasehat
(3) Unsur pelaksana-pelaksanaan, yaitu manajer dan aryawan-karyawan Koperasi
lainnya.

Tentang alat-alat perlengkapan organisasi telah cukup banyak dibahas dalam bab terdahulu, sehingga di dalam bab ini tidak akan dibahas lagi. Demikian juga tentang hubungan kerja antara tiga unsur alat perlengkapan organisasi tersebut. Tentang dewan penasehat dapat dikemukakan, bahwa dewan tersebut pada umumnya diadakan apabila sebuah Koperasi telah demikian luas dan banyak kegiatannya sehingga telah banyak timbul masalah-masalah yang perlu dipertimbangkan secara khusus. Dalam hal demikian, sebelum Pengurus mengambil keputusan tentang suatu masalah, maka masalah tersebut dibahas lebih dahulu oleh sebuah dewan penasehat yang memikirkan untuk pengurus bagaimana sebaiknya masalah tersebut dipecahkan. Rekomendasi atau usul dewan penasehat dengan sendirinya terbatas sebagai nasehat atau bahan pertimbangan yang dapat diterima atau ditolak oleh Pengurus sebagaian atau seluruhnya. Pada Koperasi yang belum banyak menghadapi masalah, dapat ditunjuk seorang penasehat saja. Mengingat betapa pentingnya nasehat para penasehat bagi pengurus, maka dewan penasehat tersebut dibentuk dari orang-orang yang ahli atau berpengalaman dalam bidangbidang tertentu yang diperlukan itu, tentu saja menurut tingkat-tingkat kegiatan dari Koperasi yang bersangkutan.

Tentang para pelaksana, terutama pelaksana-utama atau manajer dan para pelaksanapelaksana lainnya yang umumnya disebut karyawan, mengingat pentingnya kedudukan dan peranan mereka, akan dibahas secara khusus pada bab tersendiri. Struktur intern organisasi Koperasi ini dapat dilihat pada bagan (bagan1) terlampir.

(1) Struktur Ekstern Organisasi Koperasi

Di dalam Undang-Undang No. 12 tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perkoperasian dikenal adanya Koperasi Primer, Koperasi Pusat, Koperasi Gabungan dan Koperasi Induk seperti yang dikemukakan dalam struktur intern organisasi Koperasi diatas. Dilihat dari segi pemusatan, maka Koperasi Pusat, Koperasi Gabungan dan Koperasi Induk juga disebut Koperasi Sekunder (artinya yang kedua) sebagi Koperasi yang tingkatnya lebih atas dari Koperasi Primer (yang artinya pertama), dan dilihat dari segi fungsinya maka Koperasi-Koperasi Sekunder tersebut juga disebut “organisasi pembantu” (auxiliary organizations) yang fungsinya membantu Koperasi Primer mencapai tujuannya. Oleh sebab itu maka Koperasi Sekunder pada dasarnya menjalankan usaha-usaha yang tidak dapat dilakukan oleh Koperasi Primer secara sendiri sendiri, seperti juga Koperasi Primer menjalankan usahausaha yang tidak dapat dilakukan dengan baik oleh anggota-anggota perorangan secara sendirisendiri. Maka dipandang dari segi fungsinya itu, perlu tidaknya salah satu tingkat organisasi tergantung pada keperluan dan effisiensi, yang artinya, kalau tidak diperlukan atau tidak efisien karena dibandingkan dengan manfaatnya tidak memadai, tingkat organisasi tersebut dapat ditiadakan. Dengan demikian jumlah tingkat organisasi dapat kurang dari 4, (lihat bagan 2b dan 2c). Tentang tingkat-tingkat organisasi tersebut dapat lebih dijelaskansebagi berikut :

a. Koperasi Primer

Koperasi yang anggotanya terdiri dari orang-perorangan disebut “Koperasi Primer”. Koperasi serupa itu baru dapat dibentuk, apabila dapat dihimpun paling sedikit 20 orang sebagai pendirinya. (lihat bab tentang cara-cara untuk mendirikan Koperasi). Dalam seluruh struktur gerakan Koperasi, maka Koperasi Primer, yang dimiliki dan diawasi secar demokratis oleh para anggotanya, merupakan dasar dari gerakan iti sendiri. Karena dalam Koperasi Primer inilah anggota menanam modalnya serta dalam Rapat Anggota Koperasi Primer inilah mereka sendiri menjalankan haknya untuk menentukan usaha-usaha apa yang akan diselenggarakan oleh Koperasi guna kepentingannya. Dan melalui Koperasi Primer inilah pula setiap anggota guna kepentingan usahanya atau keperluan hidupnya.

b. Koperasi Pusat

Kalau pada Koperasi Primer sejumlah paling sedikit 20 orang menggabungkan diri agar dapat mempersatukan kekuatan-kekuatan yang kecil menjadi suatu kekuatan yang besar dlam mengejar cita-citanya, maka untuk tujuan dan maksud yang sama, sekurangkurangnya 5 (lima) Koperasi Primer dapat pula menggabungkan diri dalam suatu tingkatan organisasi yang lebih tinggi, yaitu Koperasi Pusat.

c. Koperasi Gabungan

Dengan maksud yang sama seperti tersebut diatas, maka 3 (tiga) Koperasi Pusat yang telah diakui sebagai badan hukum juga dapat membentuk tingkat organisasi lebih atas lagi, yang disebut KOPERSI GABUNGAN.

d. Koperasi Induk

Seterusnya 3 (tiga) Koperasi Gabungan yang telah berbadan hukum dapat pula membentuk Koperasi INDUK. [lihat bagan 2a]. Oleh karena pemusatan-pemusatan sebagai diutarakan diatas tiada lain maksudnya untuk menyusun kekuatan yang lebih besar, maka suatu jenis Koperasi yang organisasinya tersusun dari Koperasi Primer hingga Koperasi Induk itu, pada hakekatnya merupakan satu kesatuan organisasi ekonomi yang tidak dapat dipisahkan satu dari yang lain. Menurut perangkaan statistic jumlah Koperasi dikumpulkan oleh Direktorat Jenderal Koperasi, pada tanggal 31 Desember 1977 terdapat di Indonesia :

Koperasi primer
Koperasi Pusat
Koperasi Gabungan
Koperasi Induk

2. PEMBAGIAN TUGAS ANTARA TINGKAT ORGANISASI

Di dalam Undang-undang Koperasi No. 12/1967 pasal 15 , tidak banyak disebut mengenai pembagian tugas diantara tingkat-tingkat organisasi dimaksud, selain menyatakan bahwa “hubungan antar tingkat Koperasi sekaligus diatur dalam Anggaran Dasar masing-masing Koperasi sejenis” (ayat 4). Hal ini dapat dimengerti, karena di dalam Undang-Undang serupa itu tidak mungkin dapat untuk semua jenis Koperasi ditetapkan tugas masing-masing tingkat organisasi (primer, pusat, gabungan dan induk). Lagi pula pembagian tugas tersebut akan tergantung pula dari tingkat kemampuan dan kebutuhan tingkat-tingkat yang bersangkutan dari badan-badan lain dan peraturan-peraturan Pemerintah dan sebaginya. Yang penting dijaga dalam pembagian tugas diantara tingkat-tingkat organisasi ini ialah jangan sampai pekerjaan yang sama dikerjakan oleh dua atau lebih tingkat organisasi, seperti umpanya jika Koperasi Induk sudah mengimport pupuk untuk keperluan petani-petani (anggota-anggota Koperasi), maka Koperasi-Koperasi Primer dan gebungan tidak perlu mengusahakan berdirinya pabrik serupa itu. Juga jika Koperasi Induk sudah mengimport pupuk untuk keperluan petani-petani (anggota-anggota Koperasi), maka Koperasi-Koperasi tingkat bawah tidak perlu lagi mengusahakan hal yang sama. Cara bekerja serupa itu merupakan suatu prinsip yang harus dipegang dikalangan tingkat-tingkat organisasi Koperasi, agar jangan berusaha dalam bidang yang sudah dijalankan dengan baik oleh salah satu tingkat tertentu, karena jika tidak, maka akan terjadi pemborosan modal dan beaya yang berlebih-lebihan. Pembagian tugas-tugas diantara tingkat-tingkat organisasi dibicarakan dalam Rapat Anggota Koperasi masing-masing. Biasanya Rapat Anggota tingkat bawah membawakan usul tersebut dan diputuskan pada Rapat Anggota tingkat atas, sehingga penyerahan atau penugasan kepada tingkat organisasi atasan itu berjalan secara demokratis. Pada dasarnya organisasi tingkat atas itu hanya melakukan kegiatan usaha yang tidak dapat dilakukan oleh organisasi bawahan secara sendiri-sendiri. Dasar ini pula yang mencerminkan cirri organisasi tingkat atas sebagai “organisasi pembantu”.

3. DAERAH KERJA KOPERASI.

Menetapkan daerah kerja untuk sesuatu Koperasi (Koperasi Primer dan tingkat organisasi atasannya) merupakan suatu kebijaksanaan yang erat hubungannya untuk memungkinkan Koperasi yang bersangkutan menjelma menjadi suatu kesatuan ekonomi yang efisien dean efektif. Pertimbangan-pertimbangan berdasarkan hal-hal yang bersangkut-paut dengan batas batas Pemerintahan saja, tidak selalu membawa hasil yang terbaik malahan dapat mengakibatkan Koperasi tersebut tidak berkembang. Contoh : jika kita menertapkan daerah kerja dari satu Koperasi pertanian karet berdasarkan batas-batas daerah suatu kecamatan, padahal kebun-kebun karet tidak cukup luas di daerah kecamatan itu, maka Koperasi itu tidak akan berkembang baik karena jumlah karet tidak cukup banyak untuk dikumpulkan untuk satu Koperasi Maka oleh karenanya ada pertimbanganpertimbangan yang perlu dijadikan ukuran atau criteria untuk menetapkan luasnya daerah kerja suatu Koperasi, yaitu :

a. Jumlah anggota dan calon anggota potensil lainnya yang akan dilayani oleh Koperasi berdasarkan kebutuhan yang dirasakan oleh mereka ini.
b. Keserasian areal pertanian yang menghasilkan dan atua lokasi pemasaran yang tepat.
c. Jumlah (volume) produksi atau jasa yang akan ditangani oleh Koperasi yang cukup besar sehingga dimujngkinkan terlaksananya transaksi-transaksi ekonomi dan pula dapat membeayai para pelaksana usaha dalam Koperasi yang cakap dan memenuhi syarat serta dapat melayani anggota dengan baik

Dari keterangan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ukuran daerah kerja Koperasi harus memberikan kemanfaatan ekonomis yang maksimal kepada anggota-anggotanya. Kebiasaan untuk menetapkan daerah kerja Koperasi dimasa lampau berdasarkan pertimbangan agar sesame anggota Koperasi dapat kenal-mengenal secara pribadi yang berlaku untuk Koperasi kredit, ternyata lambat laun tidak menjadi ukuran yang satu-satunya harus ditaati. Koperasi meningkat menjadi suatu unit ekonomi yang harus dapat memenuhi kebutuhan anggotanya berbagai bidang. Dengan telah ada kemajuan dalam bidang lau-lintas, hubungan telekomunikasi, ynag memungkinkan para anggota mengadakan kontak-kontak perorangan, dan pula pengurus dapat menhubungi para anggota dengan cepat dan efektif, maka Koperasi Primer semakin memilih daerah kerja yang lebih luas serta sanggup memiliki peralatan untuk menangani transaksi yang besar-besar (lihat gambar II dan III) Yang menguntungkan lagi ialah dengan perputaran yang lebih besar itu dapat relatip menekan beaya yang akhirnya menguntungkan para anggota.

4. PENGINTEGRASIAN DALAM STRUKTUR ORGANISASI KOPERASI.

Perkembangan di dunia perdagangan menyebabkan timbulnya kecendrungan dikalangan Koperasi-Koperasi Primer untuk menyatukan diri ke dalam Koperasi yang lebih besar, sehingga menjadi lebih kuat, atau penyatuan diantyara Koperasi Primer dalam Koperasi tingkat atasan. Dapat disebut terjadinya merger (amalgamasi) atau fungsi diantara Koperasi sejenis dan penyederhanaan tingkat organisasi, sehingga yang 4 tingkat menjadi dua atau tiga tingkat saja. Dalam hal amalgamasi atau fungsi diantara Koperasi-Koperasi Primer yang kecil maka Koperasi Primer menjadi lebih besar dan kuat, dan dengan penyederhanaan tingkat menjadi kurang dari empat akan makin dekat pulalah antara anggota perorangan dan pimpinan tingkat nasional, dan hal demikian menambah efisien manajemen. Alasan-alasan yang menyebabkan adanya pengintregrasian tersebut antara lain ialah sebagai berikut :

− Usaha kecil-kecilan dalam dunia perdagangan sebagai banyak dilakukan oleh Koperasi- Koperasi Primer selama ini, ternyata tidak mempunyai hak hidup yang mantap dan selai itu juga tidak efisien,
− Koperasi kecil sulit dapat menarik para pelaksana usaha yang cakap (ahli),
− Keadaan dunia dagang modern menuntut tersedianya suatu organisasi yang lengkap dan menyeluruh (serba ada), dan bukan lagi berdasarkan unit-unit kecil yang berdiri sendiri.
− Karena berbagai alas an, maka tingkat-tingkat organisasi secara federatip tidak menghasilkan kesatuan bertindak yang kuat.

Dengan adanya pengintegrasian seperti diterangkan tadi, maka jumlah Koperasi akan berkurang, walaupun jumlah anggota Koperasi bertambah. Gambar dibawah ini dapat menggambarkan hal-hal dimaksud itu, mngenai Koperasi Konsumsi di Eropa. Negeri Anggota Koperasi Jumlah Koperasi

Tujuan dan Fungsi Koperasi

Tujuan dan Nilai Perusaaan Bisnis

Theory of the firm; perusahaan perlu menetapkan tujuan. Tujuannya antara lain :
1. Mendefinisikan organisasi
2. Mengkoordinasikan keputusan
3. Menyediakan norma
4. Sasaran yang lebih nyata
Tujuan perusahaan :
1. Maxmize profit maximize he value of the firm, minimize cost
Koperasi
1. Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented
2. Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost)
3. Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992)
4. Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan
Kontribusi Teori Bisnis pada Success Koperasi
1. Maximization of sales (William Banmoldb); usaha untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham (stake holders).
2. Maximization of management utility (Oliver Williamson); penerapan pemisahan pemilik dan manajemen (separation of management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen.
3. Satisfying Behaviour (Herbert Simon); diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales, growth, market share, dll.
Konsep laba dalam koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima.
1. Innovation theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.
2. Managerial Efficiency Theory of profit; organisasi yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.

Dalam kegiatan koperasi terdapat faktor yang membuat kegiatan koperasi menjadi sukses :
1. Status dan motif anggota koperasi
Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers).
Owners : menanamkan modal investasi.
Kriteria minimal anggota koperasi :
a. Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi
b. Memiliki pola income reguler yang pasti.
1. Bidang usaha (bisnis)
Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.
a. Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas; dalam rangka optimalisasi economies of scale).
b. Usaha dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan ekonomi rakyat.
2. Permodalan Koperasi
UU 25/992 pasal. 41; Modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman (luar).
1. Modal Sendiri ; simpanan pokok anggota, simpanan wajib, dana cadangan, donasi atau dana hibah.
2. Modal Pinjaman; bersumber dari anggota, koperasi lain dan atau anggotanya, bank dan lembaga keuangan lainnya, penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya dan sumber lainnya yang sah.
3. Manajemen Koperasi
Elemen – elemen yang terdapat di dalam Koperasi:
a. Rapat Anggota
b. Pengurus
c. Pengawas
d. Manajer
e. Partisipasi Anggota
4. Organisasi Koperasi
Organisasi Koperasi yaitu Organisasi yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Yang saling partisipatif satu dengan elemen yang lain.
5. Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)
SHU setelah dikurangi dana cadangan, dibagikan kepada anggota sebanding jasa usaha yang dilakukan oleh masing-masing anggota dengan koperasi, serta digunakan untuk keperluan pendidikan perkoperasian dan keperluan koperasi, sesuai dengan keputusan Rapat Anggota.
a. SHU yang dibagi adalah yang bersumber dari anggota.
b. SHU anggota adalah jasa dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota sendiri.
c. Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan.
d. SHU anggota dibayar secara tunai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s